DISCLAIMER

“Berinvestasi di pasar saham akan menyikapi hubungan Anda yang sebenarnya dengan uang. Ini adalah Guru yang keras, dingin, lincah dan kejam dari Karakter manusia. Setiap Ketamakan yang anda tunjukan, dengan cepat akan dikoreksi oleh kerugian dalam pasar. Setiap keraguan dengan cepat akan dihancurkan oleh Hilangnya kesempatan. Setiap kesalahan dalam penilaian akan dengan cepat diperbesar kerugian. Disiplin dan kemampuan memprediksi merupakan kunci permainan ini” (Peter Spann)

Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hati'lah karena berinvestasi di Pasar Saham mengandung Resiko Kerugian.

Live Indeks


Live World Indices are Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal.

Selasa, 21 Juli 2009

DOW THEORY (EDISI KE-2 SELESAI)

Dalam hiruk pikuk dengan suasana kenaikan IHSG pasca bom ini, yuk kita teruskan belajar.

Dalam Trend Bullish jangka panjang, didalamnya terdapat trend bearish jangka pendek.


Dalam Trend Bearish jangka panjang, didalamnya ada trend bullish jangka pendek juga.


PERALIHAN TREND :
Setiap peralihan trend dari bullish ke bearis atau sebaliknya, kita akan melalui suatu tahap yang disebut “KONSOLIDASI”.
Ibarat kita sedang dalam menjalankan mobil keutara hendak belok kea rah selatan, tentunya akan melalui suatu proses, yaitu memperlambat laju kendaraan, kemudian baru stir kemudi dibelokan arahnya.

Hati-hati dalam hal konsolidasi tidak selalu balik arah, ada 4 macam konsolidasi :

UP TREND --> KONSOLIDASI --> UP TREND (diangkat, istirahat, dilanjutkan lagi) :
Disini bandar mengangkat harga, istirahat dulu, biasanya suka disebut Bandar menurunkan penumpang gelap dulu, selanjutnya Bandar angkat harga lagi.


UP TREND ---> KONSOLIDASI --> DOWN TREND (diangkat, istirahat, dibanting) :
Bandar angkat harga, kemudian distribusi barang, setelah itu Bandar banting harga, mungkin supaya dapat harga dibawah lagi.


DOWN TREND --> KONSOLIDASI --> DOWN TREND (DIturunkan, istirahat, lanjutkan lagi turunnya).
Harga turun (karena banyak sebab), istirahat karena market mencari tahu penyebabnya, kemudian turun lagi setelah penyebabnya jelas.


DOWN TREND --> KONSOLIDASI --> UP TREND. (Turun, istrirahat, balik arah).
Biasanya ini proses Bandar mengumpulkan barang, harga diturunkan, Bandar istirahat sambil tunggu momentum waktu, kemudian harga diangkat.

Saya rasa cukup sekian dulu, kita belajar garis trend (DOW THEORY), mudah2an kalau pembaca masih minat belajar, akan saya tuliskan dengan theory atau materi yang lain. (biar pembaca tidak cape dan tidak boring).

So untuk pembelajaran, kemanakah arah trend IHSG sekarang?
- Jangka panjang ?
- Jangka Menengah ?
- Jangka pendek ?

Semoga bermanfaat buat kita semua……