DISCLAIMER

“Berinvestasi di pasar saham akan menyikapi hubungan Anda yang sebenarnya dengan uang. Ini adalah Guru yang keras, dingin, lincah dan kejam dari Karakter manusia. Setiap Ketamakan yang anda tunjukan, dengan cepat akan dikoreksi oleh kerugian dalam pasar. Setiap keraguan dengan cepat akan dihancurkan oleh Hilangnya kesempatan. Setiap kesalahan dalam penilaian akan dengan cepat diperbesar kerugian. Disiplin dan kemampuan memprediksi merupakan kunci permainan ini” (Peter Spann)

Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hati'lah karena berinvestasi di Pasar Saham mengandung Resiko Kerugian.

Live Indeks


Live World Indices are Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal.

Senin, 21 Desember 2009

Tiga Cara Membangun Kedisplinan

Salam Winner...
Ulasan berikut di ambil dari buku The Master Traders

Kesalahan yang sering kali di lakukan trader pada umumnya adalah mereka sangat sukar menerapkan kedisiplinan sehingga mereka cenderung menjadi orang yg selalu gagal dalam berinvestasi.. Untuk mengatasinya, berikut ini ada beberapa tips guna mengatasinya :

1. Berpikirlah pada saat Anda salah bahwa harga tidak pernah kembali
WIlliam O Neil mengatakan :
"Kebanyakan investor yang tidak punya skill, keras kepala menahan kerugiannya ketika kerugiannya masih kecil dan beralasan. Mereka dapat keluar dengan harga yg murah, tetapi manusiawi untuk emosional, mereka tetap menunggu dan berharap sampai kerugiannya semakin membesar dan patut disayangkan biaya yang di keluarkan juga cukup besar"

Menyadari bahwa anda salah dan harga tidak pernah kembali lalu anda berpikir untuk segera keluar sedini mungkin sepertinya merupakan cara efektif untuk mendisiplinkan diri anda. "Harga tidak pernah kembali ketika saya salah" sehingga anda mulai melepaskan harapan yang selama ini justru menjerumuskan anda.. Anda mulai berhati-hati dan sabar untuk melakukan transaksi yang terbaik.

Mark Weinstein mengatakan :
"Batasi kerugian secepatnya. Kebanyakan trader menahan kerugian terlalu lama karena mereka berharap kerugiannya tidak semakin besar. Mereka mengambil keuntungan terlalu dini karena mereka takut keuntungannya akan berkurang. Meskipun trader sebaiknya takut akan kerugian besar dan berharap untuk keuntungan yang besar"

2. Anggaplah Anda sudah pernah mengalami kerugian yang sangat besar
Randy McKay mengatakan :
"Ketika saya terluka di pasar, saya langsung keluar, tak peduli sama sekali walaupun pasar masih berjalan. Saya hanya keluar, karena saya percaya bahwa suatu saat anda akan terluka di pasar, keputusan anda akan menjadi kurang objektif meskipun anda sudah melakukannya dengan baik. Jika anda tetap bertahan ketika pasar selalu melawan anda, segera atau berikutnya mereka akan menyeret anda keluar dari pasar".

Untuk mendisiplinkan diri dalam membatasi kerugian, sebagai seorang pemula, anda sebaiknya berpikir bahwa sebelumnya anda sudah mengalami kerugian yang cukup besar dan tidak mengulangi yang keduakalinya. Tapi jika anda pernah mengalami kerugian yang menyakitkan, nasihat paling berharga adalah "Belajarlah dari kesalahan"

Tom Basso mengatakan :
" Saya sadar bahwa setiap waktu saya mengalami kerugian, saya perlu belajar sesuatu dari pengalaman dan melihat kerugian sebagai pembelajaran pada universitas trading. Sejauh anda belajar dari kerugian, sebenarnya ini adalah bukan kerugian yang sebenarnya. Berhentilah melihat kerugian sebagai masalah dan mulailah melihatnya sebagai kesempatan untuk meningkatkan diri anda ke derajat yang lebih tinggi"


3. Anda melakukan trading ini untuk selamanya.

Sedikit sekali trader yg berpikir bahwa trading adalah aktivitas untuk jangka panjang. Kebanyakan dari mereka mengalami luka yang cukup parah dan akhirnya berhenti karena tidak bisa melanjutkan perjalanan. Ini sebenarnya terjadi karena minimnya pengettahuan yang mereka miliki. Mereka mempertaruhkan semua yang mereka miliki tanpa terlebih dahulu melakukan manajemen terhadap modal.

Monroe Trout mengatakan :
" Hampir sebagian kecil spekulator bertaruh sangat banyak dalam transaksinya. Jika anda mempunyai pendekatan untuk mendapatkan uang, kemudian money management dapat membedakan antara yang sukses dan yang gagal.. saya berusaha untuk menjadi konsevatif dalam manajemen resiko. Saya ingin memastikan saya masih bisa bermain di esok hari.Kontrol resiko adalah sangat penting"



Tip trading hari ini,
Kemarin IHSG terpuruk se Asing Tenggara, Penurunan yang besar tidak dibarengi oleh Volume yang besar.
Kita masih ada 2 minggu walaupun banyak long week end'nya.
Pertanyaannya apakah akan terjadi Window dressing seperti yang kita harapkan bersama?
IHSG memang posisi berada pada area jenuh beli,sepertinya bozz ingin menurunkan dulu penumpang gelap,sebelum mengangkat kembali IHSG.
Saat ini terdapat 2 aliran optimis dan pesimis:
1. Aliran Optimis adalah tetap berpendapat bahwa IHSG akan ada Window Dressing dan IHSG akan tutup diakhir tahun 2009 diatas 2500.
2.Aliran Pesimis adalah mengatakan bahwa IHSG sudah tidak ada harapan dan akhir tahun ditutup di bawah 2500.

Bagaimanakah kita menyikapi 2 pendapat ini dengan bijaksana?
So saya mencoba memberikan solusinya sebagai berikut :
1.Saya tetap ikut pada aliran optimes, yaitu IHSG akan tutup diatas 2500 dan tetap ada Window Dressing, hal mana saya lihat, di tahun 2008 sekalipun market sedang crash juga, Window Dressing tetap berjalan.
2. Peganglah kepada saham Blue Chips, karena sekalipun ternyata IHSG tidak ada Window Dressing, saya tetap yakin dengan fundamentalnya perusahaan blue chip ini.
3. Saat ini yang terjadi adalah Market KOREKSI bukan CRASH, tolong dibedakan antara koreksi dengan crash, kecuali saat ini hanya satu, bila suhu Politik kita menyebabkan perpecahan didalam Persatuan dan Kesatuan NKRI.
4. Kadang2 saya sering bertanya dalam hati sendiri, kenapa harus takut pegang saham blue chip? dan kalau kita beli saham blue chip sampai jual rugi, sepertinya kita beli rumah bagus di Kelapa Gading di Jual rugi.
So jangan terlalu takut dengan Market Koreksi, seperti saya pernah uraikan harga saham turun itu mengandung 2 makna.

Terakhir ada berita BUMI :
RUPSLB BUMI ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan.
Ini akankah mengangkat kembali harga BUMI? Mari kita lihat,karena BUMI naik, akan membawa semua saham B-7 untuk naik, dan tidak mungkin jika Bandar menggunakan saham B-7 untuk mengangkat Index.
Tapi saya tetap tidak menganjurkan untuk HOLD saham B-7, karena kondisinya still very bearish.

Trading is art, Trading is war...

IHSG : IHSG di tutup melemah 3.1% di 2431
Support di fibo 38.2% mampu menahan kejatuhan ihsg kmaren
IHSG di dtutup di fibo 50%...garis uptrend line jebol.. pola rounding top
Support di fibo 38.2% di 2418 dan fibo 0% di 2370
Resist di fibo 61.8% di 2447.. 2478


BUMI : BUMI di tutup melemah 6.7% di 2100..
pas di fibo 100% setelah sempat menyentuu 2050
apabila fibo 100% jebol..kmungkinan bumi menuju fibo 138.2% di 1800
support di angka psikologis di 2000..
Resist di 2175,, 2275

AKRA : AKRA di tutup menguat 5.6% di 1130
MID term AKRA masih downtrend..
terlihat masih belum tembus dari garis resist downtrend
MA5 di 1114, belum golden cross MA 20 di 1161
Volume breakout.. Stoch mulai ada sinyal beli,RSI mulai rebound
Resistance di 1160.. Support di 1100


UNTR : UNTR di tutup melemah 5% di 15.050
Saham ini memiliki karakteristik cepat rebound
fibo 38.2 di 15,000 mampu menahan penurunan UNTR kmaren
Support di 14700, 14400..
Resist di 15.450... 15850



PGAS : PGAS di tutup melemah 2.6% di 3675
setelah tertekan beberapa lama, PGAS berpeluang untuk rebound
berpeluang menuju fibo 61,8% di 3750
Support di 3625.. 3550..
Resistance di 3750.. 3825