DISCLAIMER

“Berinvestasi di pasar saham akan menyikapi hubungan Anda yang sebenarnya dengan uang. Ini adalah Guru yang keras, dingin, lincah dan kejam dari Karakter manusia. Setiap Ketamakan yang anda tunjukan, dengan cepat akan dikoreksi oleh kerugian dalam pasar. Setiap keraguan dengan cepat akan dihancurkan oleh Hilangnya kesempatan. Setiap kesalahan dalam penilaian akan dengan cepat diperbesar kerugian. Disiplin dan kemampuan memprediksi merupakan kunci permainan ini” (Peter Spann)

Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hati'lah karena berinvestasi di Pasar Saham mengandung Resiko Kerugian.

Live Indeks


Live World Indices are Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal.

Selasa, 29 Desember 2009

3 KUNCI UNTUK INVESTASI SAHAM : PERTUMBUHAN, KUALITAS DAN RESIKO RENDAH.

Salah Winner,
IHSG di Penghujung tahun 2009 tinggal 1 hari kerja lagi, yaitu hari Rabu tanggal 30 Desember 2009 ini saja, saya mencoba untuk mengisi dengan judul :

3 KUNCI UNTUK INVESTASI SAHAM : PERTUMBUHAN, KUALITAS DAN RESIKO RENDAH.
(Sumber buku Wealth Magic, Pater Spann)

1. PERTUMBUHAN :
Carilah Perusahaan yang sedang meningkatkan Penghasilan dan Omzet dan Keuntungannya. Siapapun di dunia bisnis akan mengatakan kepada Anda bahwa mudah saja untuk meningkatkan omzet dengan cara menurunkan harga, dan mudah saja meningkatkan keuntungan dengan menurunkan cost/biaya, tetapi keduanya adalah TINDAKAN JANGKA PENDEK yang akhirnya menjatuhkan perusahaan itu. Oleh karena itu “DIBUTUHKAN BAKAT KHUSUS DARI TIM MANAJEMEN UNTUK MENGINGKATKAN KEUNTUNGAN DAN OMZET SEKALIGUS DAN MELAKUKANNYA SECARA KONSISTEN”.
Jadi carilah Perusahaan-perusahaan yang mempunyai peningkatan omzet dan peningkatan keuntungan bersih.
Jangan lupa juga lihat harga sahamnya.
Orang Kaya selalu menunggu sampai harga saham naik sebelum mereka membeli.
Tidaklah baik untuk membeli saham bila harganya sedang turun karena anda mengira harganya MURAH. Banyak trader yang bangkrut karena membeli harga saham yang turun terus.
Jika Anda mau menjual saham’nya jangan menunggu semua orang selesai menjualnya. JUALLAH JIKA ANDA MERASA PUAS DENGAN MENDAPATKAN KEUNTUNGAN (biasanya manusia tidak puas selalu... ha3)
2. KUALITAS :
Perusahaan yang berkualitas adalah Perusahaan yang telah MAPAN dengan sejarah KESUKSESAN, membuat produk atau jasa yang mudah dimengerti oleh para Pelanggannya dan menjadi tuntutan mereka dan yang MANAJEMENTNYA MEMPUNYAI VISI DAN KEMAMPUAN UNTUK MEWUJUDKAN VISI TERSEBUT.
3. RESIKO RENDAH :
Ada banyak perusahaan besar yang beresiko rendah, karena dijalankan oleh orang-orang berkompenten, tetapi manajemennya kehilangan VISI. VISI inilah yang justru menciptakan keunikan.
Keunikan perusahaan besar inilah yang membuat mereka bertahan puluhan tahun.
Oleh karena itulah carilah Perusahaan yang direktur-direkturnya memiliki saham besar di dalam perusahaan itu.
Janganlah memilih Perusahaan yang kecil karena terlalu beresiko, anda akan kesulitan mendapatkan informasi tentang perusahaan itu, dan kesulitan memonitor, bahkan apakah Perusahaan itu akan mampu bertahan 5 atau 10 tahun lagi ?
Salah SATU RESIKO TERBESAR DALAM KESUKSESAN SEBUAH PERUSAHAAN ADALAH MEMINJAM UANG. Ketika perusahaan terlalu banyak meminjam uang (tidak peduli alas an peminjaman itu), bahkan untuk mengembangkan perusahaan secara cepat, jika telah meminjam uang terlalu banyak, ini akan mengurangi KEUNTUNGAN DAN MENGHENTIKAN PERTUMBUHAN KEUNTUNGAN.
Perusahaan yang meminjam terlalu banyak mempunyai resiko yang sangat tinggi. Perusahaan mana tuh di BEI ? Pasti rekan-rekan sudah tau semuanya? yang getol R.I. ? ha3..

Kesimpulan :
1. Perusahaaan omzet yang tinggi.
2. Pertumbuhan keuntungan yang tinggi.
3. Peningkatan harga saham secara konsisten.
4. Sebuah rencana bisnis yang menarik dengan visi yang diterapkan oleh Manajemen yang berkompeten.
5. Kepemilikan saham pribadi yang kuat oleh direktur dan manajemen.
6. Salah satu perusahaan yang masuk dalam daftar LQ-45.
7. Tingkat pinjaman dan bunga rendah.

Saya pernah tulis judul ini dalam face book dan ada yang memberikan komentar bahwa resiko rendah berarti keuntungan rendah, beberapa hari yang lalu saya menguraikan tingkat pertumbuhan saham UNVR, apakah itu merupakan pertumbuhan yang Rendah?
Justru RESIKO PERUSAHAAN YANG RENDAH AKAN MEMBUAT PERTUMBUHAN HARGA SAHAM YANG TINGGI SECARA KONSISTEN DAN CONTINUE.

Demikian Uraian singkat KIAT-KIAT UNTUK MENJADI INVESTOR YANG SUKSES, dan untuk mencari saham seperti itu tidak susah, karena LQ-45 hanya 45 sahamnya.
Apabila Anda termasuk yang membaca blog ini sejak pertama, maka hampir semuanya tentang butir-butir tersebut telah saya ulas. (Tulisan dari blog ini belum pernah absen satu haripun dan belum pernah saya hapus).

Demikian Tulisan ini merupakan tulisan saya untuk di penghujung tahun 2009, semoga tulisan saya ini berguna bagi Para Trader pembaca Blog AnggunTrader ini.
Sebagai selayaknya manusia biasa yang tidak luput dari segala kekurangan, ketidak sempurnaan dan juga ketidak layakan tutur kata dan tulisan, saya dan team meminta maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan dan kesalahan tersebut.

Tip trading hari ini :
Dow : ditutup pada 10,545.41, turun sangat tipis -1.67 ( -0.02%,
Dow berhasil break new high tertinggi kemarin di 10580, dari sebelumnya 10566, sayang penutupan ternyata dibawah 10566 kembali.
Namun ini bukan hari terakhir DOW, karena masih ada 1 hari lagi yaitu nanti malam.
Sedangkan IHSG hari ini tanggal 30 Desember 2009 adalah Hari terakhir, oleh karena itu masih berpeluang besar IHSG akan Window Dressing seperti yang telah saya kemukakan beberapa hari yang lalu bahwa IHSG akan tutup di level 2539.13.
Bursa hari ini akan bergerak mixed, antara saham blue chip dan saham small cap.
Bandar (BOZZ) memang hebat, dia bisa membuat tertib gerakan saham B_7, dari semula yang gerakannya liar karena banyak pemburu saham B-7 oleh sejuta umat ini, sekarang gerakan sahamnya tertib, karena sejuta umatnya telah dibuat kapok oleh Bandar. Ha3..
So BUMI dengan tehnik trading yang baik dan disiplin, kenapa mesti takut?
Saham kecil masih akan rally, so buat penggemar saham kecil, tidak ada salahnya untuk trading di saham itu dengan cara baik dan disiplin juga.

IHSG :
MA5 masih sedikit lagi dibawah MA-20.
Demikian juga MACD masih akan mencoba untuk Golden Cross,
Sedngkan Stochastic sudah Golden Cross 2 hari yang lalu.
IHSG membentuk pola Ascending Triangle.
Bila tembus 2539 dan 2559, maka cukup bagus untuk awal tahun 2010.


BUMI : BUMI di tutup menguat 4.2% di 2500..
Chanel downtrend garis biru sudah break.. channel downtrend merah lom tembus
berpeluang menguji resist di 2600.. ada peluang koreksi setelah kenaikan dari 2100
MACD golden Cross.. Stochastic masih uptrend
Support di 2425.. Resist 2600

INCO : INCO di tutup menguat 3.5% di 3700
break resist downtrendnya di 3675.. berpeluang menuju fibo 100% di 3850
MACD Golden Cross.. Stochastic masih uptrend..
Support 3625.. Resist 3750


SGRO : SGRO di tutup menguat 4.7% di 2775
Saham ini berpeluang breakout setelah konsolidasi yg cukup lama
Mampukah breakout di 2800 dan bermain di box baru ?
MACD mencoba golden cross.. Stoch Uptrend belum overbought
Support 2700.. Resist 2850..


MIRA : MIRA di tutup naik 3.2% di 320..
Volume breakout..adanya kemungkinan pullback ke fibo 100% di 350
MACD mencoba golden cross.. Stochastic uptrend..
Support 310.. Resist 330

TINS : TINS di tutup menguat 5.9% di 1970
TINS telah break pola falling wedge patern..
berpeluang menuju fibo 100% di 2075
MACD golden cross.. Stoch Uptrend
Support 1920.. Resist 2000

SPECIAL MENTION :
Happy Birthday pak Gun
Ijinkan saya shark trader sekaligus mewakili para pembaca setia blog ini mengucapkan Happy Birthday... Panjang Umur, Sehat Selalu, Tambah sukses di segala bidang.. Tuhan Berkati.. Terima kasih yg sebesar2nya atas bimbingannya yg begitu besar dalam blog saham ini.. sehingga blog ini dapat bermanfaat bagi banyak orang.. sekali lagi Happy Birthday pak gun... God Bless You..