DISCLAIMER

“Berinvestasi di pasar saham akan menyikapi hubungan Anda yang sebenarnya dengan uang. Ini adalah Guru yang keras, dingin, lincah dan kejam dari Karakter manusia. Setiap Ketamakan yang anda tunjukan, dengan cepat akan dikoreksi oleh kerugian dalam pasar. Setiap keraguan dengan cepat akan dihancurkan oleh Hilangnya kesempatan. Setiap kesalahan dalam penilaian akan dengan cepat diperbesar kerugian. Disiplin dan kemampuan memprediksi merupakan kunci permainan ini” (Peter Spann)

Segala tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hati'lah karena berinvestasi di Pasar Saham mengandung Resiko Kerugian.

Live Indeks


Live World Indices are Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal.

Sabtu, 07 November 2009

TRADING'LAH DENGAN SAHAM YANG ANDA KUASAI, DAN NIKMATI'LAH KEUNTUNGANNYA :

Salam Winner,

Seorang Investor adalah orang yang meng'investasikan sejumlah uang untuk dia belikan terhadap "sesuatu barang", yang menurut harapannya akan mendapatkan tingkat pertumbuhan yang melebihi nilai depostio.
Oleh karena itu Investor bisa membeli Logam Mulia (EMAS), tanah dan bangunan, Saham (Equity), Reksadana, dll.
Semua'nya diperlukan suatu pengertian bagaimana untuk investasi dalam sarana tersebut, karena semuanya juga mengandung Resiko, yang mana tingkat resikonya semakin tinggi, akan memberikan tingkat keuntungan yang semakin tinggi pula.

Seorang Trader adalah orang yang melakukan jual-beli, dengan tujuan mendapat laba.
Trader dalam pengertian secara luas adalah pengusaha, bisa jual-beli segala bentuk barang dan jasa yang diperlukan oleh manusia.
Sebagai Trader (Pengusaha) tentunya juga membutuhkan skill yang baik untuk menjalankan usahanya tersebut sesuai dengan barang yang dijualnya.

Sebagai ilustrasi, seorang trader (pedagang) besi/semen, tentukan akan berbeda sekali strateginya dengan sorang pedagang buah-buahan, misalnya mangga, durian, dlsb..
Ini karena Besi/Semen mempunyai daya tahan yang lebih panjang dibandingkan dengan buah-buahan, dimana buah-buahan disamping umurnya reletif sangat pendek, juga berkaitan dengan musim buah tersebut.

Demikian juga seorang TRADER SAHAM, ini dibutuhkan SKILL yang sesuai dengan karakter saham tersebut, sehingga ada disebut Saham lapir ke-1, lapis ke-2 dan saham gorengan dlsb.

Kita lihat Saham INTP, SMGR, dan bandingkan dengan gerakan group Astra, atau juga Perbankan BBCA, BBRI, BMRI, dan juga saham B-7.
Semuanya membutuhkan skill yang berbeda-beda.

Ada teman saya yang mengatakan bahwa saya paling senang main ANTM, dan belum pernah kalah, ada juga teman saya yang lain mengatakan : "Wah, saya belum pernah cocok dengan saham ANTM, dan selalu rugi".

Saya pribadi sangat suka dengan gerakan INTP dan UNTR, sedangkan saham B-7 untuk sementara saya istirahat dulu, tapi beberapa teman saya justru mendapat keuntungan dalam beberapa hari terakhir ini secara fantastis.

Tapi saya tidak mengikutinya, dan tetap saya ENJOY dengan saham saya, dan dia tetap ENJOY dengan saham pilihan dia, jadi jangan kita mengikuti saham yang dibeli orang lain sementara dia bisa mengikuti ayunannya, sementara kita justru terhempas oleh ayunannya.

Inilah yang saya ingin katakan bahwa bermainlah dengan saham yang sudah bisa anda "Jinakkan" dalam arti bahwa anda main saham pastikan mengerti gerakannya dan pastikan anda akan menjadi pemenangnya.

Sehingga dalam kondisi apapun, Peluang selalu ada untuk Anda semua...





IHSG : IHSG beberapa hari ini volume kecil, namun ada peluang untuk rebound bilamana MA-5 confirm golden cross MA-20, dengan ciri IHSg harus bisa tutup diatas 2411 kembali.

DOW : DOW mesti diwaspadai akan turun ataukah naik, karena bilamana turun, peluang besar membentuk pola Head and Soulder.
Namun peluang untuk rebound juga besar bilamana MA-5 golden cross MA-20.

BUMI : Masuk dalam area konsolidasi, Pola Ascending Triangle telah gagal. Kondisi BUMI masih mid term bearsih. Support 2275, resist 2575, range sangat besar, sehingga enak buat yang one days trading.

UNTR : Stochastik mencoba untuk keluar dari area over sold, MASC histogram mulai menaik, S : 14650, R : 15.550, bila lewat, akan mencoba untuk menuju ke 16.000 kembali.

ASII : Still down trend, dan mencoba untuk rebound, dengan indicator Stcoastic mulai golden cross, Wiliam %R arah naik, S : 30.000, R : 31.200.

INTP : Saham ini luar biasa, garis up trend sudah terbentuk sejak beberapa hari ini, peluang besar untuk menuju highest lagi di 12.400. S : 11.400, R : 12.050. (ada gap di 12.000-12.050).

BBRI : BBRI luar biasa, volume jumat kemarin luar biasa, bila Senin ini turun, peluang bagi yang belum sempat beli. MA-5 mulai mendekati MA20.
Candle stick kemarin loncat keluar dari garis down trend. S : 7200, R : 7600, bila lewat maka akan mencoba menuju 7.750.

BBCA : Saham ini keluar dari bearsih area, dimana harga sudah diatas MA5, MA20, MA 50, MA-5 mulai mendekati MA20, sehingga akan segera terjadi golden cross.
Layak untuk diperhatikan, S : 4600, R : 4800.


BMRI : BMRI masuk kembali area sideways..
setelah gagal bertahan di minor uptrend..
Mid term downtrend line lom tertembus..
Area konsolidasi di 4750 -4525


BMRI : Harga close tepat di MA-5, posisi harga dijepit oleh MA20 sebagai resist di 4700, dan MA-50 sebagai support di 4550, Pola membentuk Simetrical Triangle, dengan Candle Doji, diperlukan sebuah candle lagi untuk menentukan arahnya.

Berikut daftar Support dan Resisten :